Kamis, 24 Mei 2012

Promosi kesehatan


Kompetisi menulis di Wikipedia bahasa Jawa Papat Limpad 2012 sebagai proyek kerjasama Wikimedia Indonesia dengan UI, UGM, UNY, Undip, Unnes, dan IKIP PGRI Semarang berlangsung 7 Mei 2012 hingga April 2013.

Promosi kesehatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekedar pengubahan gaya hidup saja, namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat.
Pengubahan gaya hidup dapat difasilitasi melalui penggabunngan:
  1. menciptakan lingkungan yang mendukung,
  2. mengubah perilaku, dan
  3. meningkatkan kesadaran.
Dalam Konferensi Internasional Promosi Kesehatan I yang diadakan di Ottawa, Kanada, menghasilkan sebuah kesepakatan yang dikenal sebagai Piagam Ottawa. Dalam piagam ini tertera strategi dalam meningkatkan kontrol masyarakat terhadap kesehatan diri mereka sendiri.

Lihat pula

Referensi

  • O'Donnell, Michael, MBA, MPH. "Definition of Health Promotion: Part III: Expanding the Definition." American Journal of Health Promotion. Winter 1989, Vol. 3, No. 3. p. 5.
  • Minkler, M. Ed. Community Organizing & Community Building for Health. Rutgers State University Press, 1997.

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar