Kamis, 24 Mei 2012

Kurikulum Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat

Kurikulum Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat

Kurikulum  Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat,  terdiri dari 18 mata ajaran dengan bobot 40 SKS, dengan rincian sebagai berikut:
SEMESTER I
Kode
Mata Ajaran
SKS
Total
AKK 500
Ilmu Kesehatan Masyarakat
1
13
AKG 500
Gizi Masyarakat
3
AKG 501
Epidemiologi
2
AKK 504
Etika dan Hukum Kesehatan
2
AKG 502
Biostatistik
2
AKG 503
Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat
3
SEMESTER II
AKK 506
Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
3
13
AKK 507
Analisis Kebijakan Kesehatan
2
AKG 504
Ekonomi Pangan dan Gizi
2
AKG 505
Manajemen Sumberdaya Manusia Gizi Masyarakat
2
AKG 506
Sosio Budaya Gizi Masyarakat
2
AKG 507
Promosi Gizi Masyarakat
2
SEMESTER III
SPs  601
Seminar Proposal/Kolokium
1
7
AKK 510
Sistem Informasi Kesehatan
2
AKG 600
Manajemen Strategis Gizi Masyarakat
2
AKG 601
Perencanaan  dan Evaluasi Gizi Masyarakat  Di Daerah
2
SEMESTER IV
SPs 690
Seminar Tesis
1
7
SPs 699
Ujian Tesis
6
Total SKS
40

Deskripsi ringkas mata ajaran, adalah sebagai berikut:

AKK 500                     Ilmu Kesehatan Masyarakat
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip kesehatan masyarakat, meliputi batasan dan ruang lingkup kesehatan masyarakat, sistem kesehatan nasional, subsistem pelayanan kesehatan, subsistem pembiayaan kesehatan, upaya kesehatan, organisasi kesehatan masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami ruang lingkup ilmu kesehatan masyarakat sebagai induk AKK dan Ilmu Gizi Masyarakat.

AKG 500                        Gizi Masyarakat
Membahas mengenai permasalahan gizi masyarakat (kurang energi protein, anemia gizi besi, GAKI, dan KVA), faktor-faktor penyebab masalah gizi masyarakat, masalah gizi lebih (obesitas), penilaian status gizi masyarakat, pengukuran konsumsi pangan masyarakat, gizi pada kelompok rawan, gizi dan penyakit degeneratif, gizi dan penyakit infeksi, dan gizi produktivitas.

AKG 501                     Epidemiologi
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan metode epidemilogi serta epidemiologi perilaku yang dapat menjadi input bidang AKK dalam rangka menanggulangi masalah kesehatan, dan khususnya dalam bidang gizi masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan prinsip dan  metode epidemilogi dalam bidang AKK untuk gizi masyarakat.

AKK 504                      Etika dan Hukum Kesehatan
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip etika dalam bidang kesehatan sesuai dengan hukum kesehatan yang berlaku. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkannya untuk bidang AKK dalam bidang gizi masyarakat

AKG 502                     Biostatistik
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan metode atau teknik statistik untuk kepentingan AKK, khususnya untuk manajemen data dan analisis data kesehatan untuk AKK dan gizi masyarakat. Materi yang perlu dibahas (antara lain) statistik deskriptif dan inferensial sesuai skala pengukuran data. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan prinsip dan metode atau teknik statistik untuk bidang AKK dalam bidang gizi masyarakat.

AKG 503                     Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat
Mata kuliah ini membahas tentang sejarah perkembangan, konsep dan  prinsip atau fungsi administrasi/manajemen kesehatan; dan pengantar bidang Kebijakan kesehatan; mencakup administrasi dan kebijakan gizi masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menguasai dasar-dasar AKK dan khususnya AKK dalam bidang gizi masyarakat. 
AKK 506                     Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Mata kuliah ini membahas metode penelitian yang digunakan dalam memecahkan masalah Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, meliputi: penyusunan latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, landasan teori dan kerangka konsep, jenis penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, definisi operasional, aspek pengukuran, teknik analisis data, hasil penelitian dan pembahasan, serta kesimpulan dan Saran. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan metode penelitian untuk penelitian ilmiah dan terapan bidang AKK, termasuk dalam bidang Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat.
AKK 507                      Analisis Kebijakan Kesehatan
Mata kuliah ini membahas tentang metode analisis kebijakan kesehatan; mulai perumusan masalah, tujuan, pendekatan  dan bentuk analisis, argumen kebijakan, faktor yang berpengaruh terhadap kebijakan, serta penarikan kesimpulan dan penyusunan rekomendasi kebijakan kesehatan, termasuk bidang gizi masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan analisis kebijakan kesehatan secara komprehensif.

AKG 505                     Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan Gizi Masyarakat
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip manajemen sumber daya manusia (termasuk SDM Gizi Masyarakat) dalam organisasi kesehatan, meliputi: perencanaan (rekrutmen, seleksi, pengembangan karir);  pemanfaatan (promosi, appraisal, transfers, kompensasi) ; dan pengembangan sumber daya manusia; kinerja, motivasi, dan kepemimpinan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat  memahami kepentingan manajemen SDM Gizi Masyarakat.
AKG 504                     Ekonomi Pangan dan Gizi
Membahas mengenai dasar-dasar ekonomi mikro, elastisitas permintaan pangan dan gizi, kaitan ekonomi dan  dengan gizi masyarakat, hukum Engel dan Bennett tentang konsumsi pangan, kaitan antara status gizi masyarakat dan product pertumbuhan ekonomi, dan cost-bennefit analysis program pangan dan gizi. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat  memahami  kepentingan dan kajian  Ekonomi Pangan dan Gizi

AKG 506                     Sosio Budaya Gizi Masyarakat
Membahas aspek sosio budaya gizi masyarakat. Bahan/ jenis komposisi makanan tradisional sesuai budaya masyarakat tradisional  dan modern dan dampaknya pada perkem bangan status gizi masyarakat Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat  memahami  memahami dan mengelola sosio budaya gizi masyarakat.

AKG 507                     Promosi Gizi Masyarakat
Membahas pelayanan promosi kesehatan (peningkatan kesehatan) bidang gizi masyarakat untuk perubahan sikap dan perilaku gizi, strategi komunikasi yang meliputi apa (what), siapa (who), bagaimana (how), kapan (when), di mana (where), siapa sasaran (target audience), advokasi, menangkap setiap peluang untuk perubahan perilaku gizi (seizing the opportunity to change), juga meliputi pembuatan alat/sarana promosi yang efisien dan efektif. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan mengelola Promosi Gizi masyakat dengan baik.

AKK 510                      Sistem Informasi Kesehatan
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip dan metode dalam sistem informasi kesehatan, meliputi keadaan, masalah, kebijaksanaan, langkah-langkah dan pokok-pokok kegiatan pemantapan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Indonesia, survey kesehatan, indikator kesehatan, profil kesehatan, sistem informasi geografi, pengendalian dan pengembangan sistem informasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami fungsi SIK bidang AKK.

AKG 600                     Manajemen Strategis Gizi Masyarakat
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip manajemen strategis dalam pelayanan kesehatan, meliputi penyusunan visi, misi, nilai, strategi, sasaran, tujuan, analisis SWOT, penyusunan rencana strategis, proses pengambilan keputusan, dan pelaksanaan manajemen strategis di bidang pelayanan kesehatan, khususnya bidang gizi masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun rencana strategis dalam upaya memecahkan masalah di bidang AKK gizi masyarakat.
AKG 601                     Perencanaan dan Evaluasi Gizi Masyarakat di Daerah
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan proses perencanaan kesehatan dan Evaluasi di daerah dalam jangka pendek, mulai dari analisis situasi hingga penyusunan evaluasi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah, khususnya status gizi masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun perencanaan kesehatan dan evaluasi tahunan di daerah dalam upaya memecahkan masalah di bidang AKKGM.
AKG 504                     Ekonomi Pangan dan Gizi
Mata kuliah ini membahas konsep ekonomi dan penerapannya pada bidang kesehatan; khususnya dalam bidang pangan dan gizi, hubungan pembangunan ekonomi dan pembangunan kesehatan/gizi masyarakat dan analisa sistem pembiayaan kesehatan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu ekonomi dalam menelaah masalah kesehatan masyarakat untuk AKK dalam cakupan Pangan dan Gizi masyarakat.

SPs 601 Seminar Proposal/Kolokium
Mata kuliah ini membahas proporsal penelitian untuk penulisan tesis, yang disusun oleh mahasiswa dengan bimbingan tim pembimbing, dengan tujuan memberi penilaian dan masukan bagi penyempurnaan proposal penelitian untuk penulisan tesis.

SPs 690 Seminar Tesis
Mata kuliah ini membahas naskah tesis yang bersumber dari hasil penelitian ilmiah, yang disusun oleh mahasiswa dengan bimbingan tim pembimbing, dengan tujuan meningkatkan kualitas naskah tesis dam pemahaman mahasiswa tentang substansi naskah tesis. Komponen yang dibahas, meliputi : (1) Isi dan Bobot Tesis, mencakup keaslian ide atau gagasan, bobot permasalahan, landasan teori, metode penelitian, penulisan hasil penelitian, substansi pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran, (2) Penyajian isi tesis secara lisan, (3) Kemampuan menjawab dan mempertahankan isi tesis, dan (4) Sikap dan Penampilan.
SPs 699 Ujian Tesis
Mata kuliah ini merupakan kegiatan akademik untuk menilai naskah tesis, dengan aspek yang dinilai, meliputi; (1) Isi dan Bobot Tesis, mencakup keaslian ide atau gagasan, bobot permasalahan, landasan teori, metode penelitian, penulisan hasil penelitian, substansi pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran, (2) Penyajian isi tesis secara lisan, (3) Kemampuan menjawab dan mempertahankan  isi tesis, dan (4) Sikap dan Penampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar